Ketangi bersatu, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai wujud cinta negeri Indonesia tercinta  

Posyandu Remaja Wujudkan Remaja yang Sehat dan Berkualitas

ISTINING RAHAYU AmdKeb | 17 Juli 2024 19:16:40 | Berita Desa | 83 Kali

Ketangi, 17 Juli 2024 bertempat di Balai Desa Ketangi dilaksanakan Posyandu Remaja yang bertepatan dengan masa libur sekolah. Diharapkan remaja yang datang ke posyandu mencapai target.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi tentang kesehatan oleh Ibu Suri’ah, S.Kep. dari UPT Puskesmas Pamotan. Lebih jauh beliau mengajak remaja desa Ketangi untuk memiliki pola hidup sehat.

“adik-adik, kalian adalah generasi penerus bangsa. Oleh karenanya harus sehat. Jangan biasakan jajan, makanlah dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrisi lain. 75% tubuh manusia terdiri dari cairan sehingga minumlah air putih yang cukup setidaknya 8 gelas dalam sehari. Jangan banyak minum teh karena dapat menghambat penyerapan nutrisi yang dapat menyebabkan anemia”, ucap Suri’ah.

Menurut WHO 2023, usia remaja didefinisikan sebagai periode kehidupan antara 10 hingga 19 tahun. Periode ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu Remaja Awal usia 10 hingga 14 tahun dan Remaja Akhir usia 15 hingga 19 tahun.

Posyandu Remaja bertujuan untuk meningkatkan kesehatan remaja secara menyeluruh, baik itu kesehatan fisik, mental, maupun sosial. Tidak hanya mendapatkan pemeriksaan fisik berupa cek tekanan darah, tinggi badan, lingkar lengan atas, dan lingkar perut, remaja juga mendapatkan screening tentang perilaku sosial dan mentalnya.

Posyandu Remaja bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang kesehatan reproduksi bagi remaja, serta meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan Napza. Selain itu juga mempercepat upaya perbaikan gizi remaja, mendorong remaja untuk melakukan aktivitas fisik, melakukan deteksi dini dan pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), serta meningkatkan kesadaran remaja dalam pencegahan kekerasan.

Posyandu remaja menjadi sangat penting mengingat remaja adalah garda terdepan penurunan angka stunting. Logikanya, anak yang sehat terlahir dari orang tua yang sehat pula. Terlebih untuk remaja Perempuan yang sudah mengalami menstruasi, Kesehatannya menjadi sangat penting, jangan sampai mengalami anemia.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Ds. Ketangi Kec. Pamotan. Kab. Rembang
Desa : Ketangi
Kecamatan : Pamotan
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59261
Telepon :
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung